Workshop Penulisan Feature Stories dalam Bahasa Inggris dan Pembuatan Blog di Empat SMA di Kota Padang dan Pariaman

Sebagai agen peningkatan sumber daya manusia di negara ini melalui kegiatan pendidikan, staff pengajar program studi Sastra Inggris mengunjungi beberapa SMA di kota Padang dan Pariaman untuk memberikan pelatihan penulisan dalam Bahasa Inggris dengan tema “Workshop Penulisan Feature Stories Dalam Bahasa Inggris Dan Pembuatan Blog Untuk pelajar SMA”. Pelatihan Bahasa Inggris ini diadakan di dua SMA di kota Padang dan dua SMA di kota Pariaman dalam rentang waktu dua minggu di bulan Februari tahun 2018.

Sekolah pertama yang mendapatkan pelatihan adalah SMA Taman Siswa. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 12 Februari. SMAN 1 Enam Lingkung and SMAN 1 1×12 Enam Lingkung menerima pelatihan pada tanggal 14 dan 20 Februari. Kunjungan terakhir dilakukan ke SMA 9 pada tanggal 24 Februari. Pada umumnya, setiap sekolah yang dikunjungi memberikan tanggapan yang cukup baik. Para peserta pelatihan yang terdiri dari siswa-siswi kelas 11 mendemonstrasikan dasar Bahasa Inggris yang memadai untuk memahami materi-materi dan latihan-latihan yang diberikan. Hal ini membuat pelatihan lebih kondusif.

Dengan diadakannya pelatihan ini, tim berharap agar pengetahuan teoritis para peserta dalam hal penulisan feature stories secara khusus dan aktivitas penulisan secara umum bisa meningkat. Tidak hanya itu, karena aktivitas menulis menuntut pemberdayaan aspek-aspek intelektual dan mental yang luas, tim juga mengharapkan para peserta untuk bisa berpikir dengan cara yang lebih sistematis, kritis, dan kreatif. Tentunya, sebagaimana yang terimplikasi di dalam judul pelatihan, para peserta diharapkan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang lebih tinggi setelah mengikuti pelatihan ini.